Sabtu, 28 Januari 2012

Beranda » » » Memulai Mencegah Spam Di Facebook

Memulai Mencegah Spam Di Facebook

Memulai Mencegah Spam Di Facebook - Luasnya cakupan dunia internet atau yang biasa disebut dengan (Dunia Maya) memuat berbagai kemudahan yang ada termasuk penyebaran malware,spam dan sejenisnya. Hal yang paling mudah penyebarannya adalah Spam. Semacam sederhana spam itu bisa disebut Junk Mail (Email Sampah). Biasanya kita sebagai pengguna dunia maya tidak asing dengan "spam", Spam bisa disebarkan lewat Social Media salah satu contohnya yaitu Facebook.


Bisa ditelusuri lebih jelas lagi spam bisa menganggu contohnya: Email saya hampir 30% dikuasai oleh spam hampir sama dengan facebook yang sebagian isi email tersebut dikirim dari facebook. Dan banyak juga data yang dicuri akibat dari membuka link yang gak jelas. Maka dari itu akan saya beberapa beberapa tips biar kita tidak salah mengambil tindakan:




1. Sebisa mungkin buatlah password atau kata sandi yang kompleks perpaduan antara huruf & angka minimal 10 digit. 

2. Bersihkan atau hapus aplikasi layanan pihak ketiga di Facebook yang jarang atau sudah tidak dipergunakan lagi. Aplikasi ini kemungkinan besar bisa dijadikan kesempatan bagi spammer untuk menyusup  dan menyisipkan malware spam.

3. Lakukan pengaturan profil secara bijak. Sebisa mungkin jangan memberikan informasi secara detail di kontak. Usahakan email & nomor telelepon di sembunyikan atau diatur agar hanya kita yang bisa melihat.

4. Waspada saat mengkonfirmasi teman. Bila anda tidak terlalu mengenal oran tersebut sebaiknya tidak perlu dikonfirmasi, Bisa jadi itu adalah akun palsu yang diciptakan mesin bot atau software tertentu.

5. Jangan sembarangan mengklik tautan atau link tanpa mengetahui sumbernya secara pasti. Waspadai juga pemendek url atau link yang sengaja disingkat untuk menutupi alamat link sebenarnya.

6. Hati-hati bila ingin join atau bergabung dengan aplikasi tertentu yang membutuhkan sinkronisasi akun facebook. Hal tersebut bisa dijadikan kesempatan untuk penyebaran spam dan pencurian informasi data-datayang kita miliki. 

7. Bila menerima pesan atau chat yang menyertakan link aneh , diabaikan saja dan hapus secepatnya.

8. Log out dengan benar . Ketika Anda selesai meggunakan akun facebook, usahakan saat proses log out benar telah keluar dengan sempurna.

Postingan ini terinspirasi dari: 


Bagian 1 Bagian2 Bagian3

16 komentar: