Minggu, 24 Juni 2012

Beranda » » Sejarah Gitar

Sejarah Gitar


Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun plektrum. Gitar terbentuk atas sebuah bagian tubuh pokok dengan bagian leher yang padat sebagai tempat senar yang umumnya berjumlah enam didempetkan. Gitar secara tradisional dibentuk dari berbagai jenis kayu dengan senar yang terbuat dari nilon maupun baja. Beberapa gitar modern dibuat dari material polikarbonat. Secara umum, gitar terbagi atas 2 jenis: akustik dan elektrik. 
Kata ‘gitar’ atau guitar dalam bahasa Inggris, pada mulanya diambil dari nama alat musik petik kuno di wilayah Persia pada kira-kira tahun 1500 SM yang dikenal sebagai citar atau sehtar. Alat musik ini kemudian berkembang menjadi berbagai macam model gitar kuno yang dikenal dengan istilah umum tanbur. Pada tahun 300 SM Tanbur Persia dikembangkan oleh bangsa Yunani dan enam abad kemudian oleh bangsa Romawi (Bellow, 1970:54-55). Pada tahun 476M alat musik ini dibawa oleh bangsa Romawi ke Spanyol dan bertransformasi menjadi:  guitarra Morisca yang berfungsi sebagai pembawa melodi, dan Guitarra Latina untuk memainkan akor. Tiga abad kemudian bangsa Arab membawa semacam gitar gambus dengan sebutan al ud ke Spanyol (Summerfield, 1982:12). Berdasarkan konstruksi al ud Arab dan kedua model gitar dari Romawi tersebut, bangsa Spanyol kemudian membuat alat musiknya sendiri yang disebut vihuela. Sebagai hasilnya, vihuela menjadi populer di Spanyol sementara alat-alat musik pendahulunya sedikit demi sedikit ditinggalkan. Walaupun demikian al ud dibawa orang ke negara-negara Eropa Barat dan menyaingi popularitas vihuela di Spanyol. Di Eropa al ud disambut dengan baik dan berkembang menjadi berbagai model lute Eropa hingga kira-kira akhir abad ke-17. Sementara itu vihuela berkembang terus menjadi berbagai macam gitar selama berabad-abad hingga akhirnya menjadi gitar klasik yang digunakan pada saat ini. Sumber Wikipedia

52 komentar:

  1. ehh tulisannya dipele ma gambar gitar ntuhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk
      iya tadi emang kepele ama gambar gitarnya :D

      Hapus
    2. hadir untuk meramaikan suasana
      ehh... kok masih kepele lagiii ??

      Hapus
    3. wkwkwk
      guwaa gak ahli dahh masalah begini..
      biarin aja, menurut saya malah bagus malahan :v

      Hapus
  2. oww.., tentang gitar .. keren nih
    btw: sob, bisa ngajarin saya main gitar nggak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau sama mas Saka pemilik tituitbom.com aja
      dia keknya ahli kalau masalah gitar :D

      Hapus
  3. gak keliatan tuh penjelasan gitarnya yang ketutupan gitarnyo ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkewke
      itu mah saya sengaja biar keliatan bagus aja :p

      Hapus
  4. waduh, maaf mas saya baru pakek netbook. jadi, tampilanya agak aneh. nanti akan saya lihat lagi pakek dekstop kalau listriknya dah nyala.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk
      yang ane mah bukan notebook kamu memang tampilannya tadi berantakan :v

      Hapus
  5. kalimat awalnya enggak kelihatan ketutup gitar gan.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang saya buat begitu biar keliatan bagus aja :D

      Hapus
  6. Udah tulisannya ga kebaca, backgroundnya putih ijo gradient lagi :p

    BalasHapus
  7. dari dulu ane pengen bisa main gitar tapi gak bisa2 wkwkwkw surem

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk
      Kalau mau ya belajar aja ama pengament
      wkwkwk :v

      Hapus
  8. ane nyerah dah kalo maen gitar, dri SMP kaga bisa2 =)) wkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk
      Aku baru beli gitar tapi belum bisa mainnya :'( :v
      bruakakaka

      Hapus
  9. Balasan
    1. Bagus dari hongkong..!
      masih jelek yahh menurut saya :D

      Hapus
  10. dari kelas 1 SMP pengen banget bisa maen gitar, tapi sampe sekarang ga bisa bisa -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk
      aku juga barusan beli gitar tapi ya belum bisa -_____-"

      Hapus
    2. MInta ajarin fahmi tu Okta? B)

      Hapus
  11. wkewkewke..
    aku iku gak iso.. main Gitar,
    aku mek iso.. dodolan tempe penyet

    wkwkwkw :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkw
      Koen ikuw iso'e dodolan thok..!

      wkwkwk (y)

      Hapus
  12. keren templatenya.. postingannya juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. he'ehh
      makasih sedalam-dalamnya :3 :))

      Hapus
  13. Sayangnya sampai saat ini saya belum bisa main gitar :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkawkawka
      aku baru beli gitar eh gak bisa mainnya

      xixixi :D

      Hapus
  14. Hemmm sampai sekarang aku masih bingung tentang main melodi yang bisa di bilang lumayan cepat pergerakannya ckkckck dari dulu gak kesampaian aku bisa belajar melodi Fast teknik

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkewkewke, Fast Teknik malah rumitt lagi ntuh..
      ckckck..

      Hapus
  15. Weeeh.. Ternyata Sejarah Gitar itu berasal dari Persia toh!!
    Trus diadopsi ke Spanyol jadi Terkenal deh!!
    Gak heran kalo Cewek Langsing itu sering di identikan dengan istilah Seperti Gitar Spanyol!!
    karena sama dengan Lekukan gitarnya!!

    Hweheheheee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. he,, he,,
      aku baru tahu juga kalau "Cewek Langsing itu sering di identikan dengan istilah Seperti Gitar Spanyol!!
      karena sama dengan Lekukan gitarnya!!
      "

      he,, he,, ternyata mas Ayas banyak yang tahu :D

      Hapus
  16. Wah blog dan ulansannya keren nih mas. yg bingung masalah nentuin kunci ini itunya dari mana ya?

    event ngeblog: menulis di blog dapet android, ikutan yuk!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahh kalau masalah nentuin kunci di gitar, malah bingung saya ^_%"

      Hapus
  17. keren warna ijox sob..., walaupun tulisanx dipele olh gitar hhehe..., happy blogging *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. he,, he,,
      habis bingung sich.. ane mau buat gimana lagi :3 :D

      Hapus
  18. wahhh begitu yah sobat,,, saya suka banget nih main gitar apalagi yang electrick

    oya tambahan nih, itu sebagian artikelnya da yg tertutup gambar sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. he,, he,,
      gitar yang begitu'an saja belum bisa apalagi ini.. btw emang saya buat gitu sobatt habis bingungh mau gimana lagi... :v :))

      Hapus
  19. tulisanya kok ketutupan sob

    BalasHapus
  20. .weh. .gitarku kogg ada disini. .hehe. .nice info s0b. .

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah saya sudah bisa main gitar? B)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe,,
      gaya banget kamu jeft,,
      ditungu yach,, sharenya teknik gitarnya :D

      Hapus
  22. tulisannya ketutup ama gambar gitarnya tuh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. he,, he,,
      emang saya buat gitu habis mau gimana lagi :D

      Hapus
  23. Salam Blogger,, Kunjungan Malam ..

    Thanks gan atas info nya .

    follow success gan ..
    follback yeah ..

    http://muhammad-miftahul-ulum.blogspot.com/

    BalasHapus
  24. pantes dinamain gitar spanyol ternyata emang dari sana ya ?hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. he'eh emang begitu asal mulanya mas Randzz (y)

      Hapus
  25. maaf menyimpang dari topik.saya cuma ingin bilang ini template blognya kok keren banget yak...beda sama yang biasanya...gimana caranya yak?

    BalasHapus