Jumat, 25 November 2011

Beranda » » » Tak Berhasil,Google Menghentikan 7 Layanan

Tak Berhasil,Google Menghentikan 7 Layanan

Tak Berhasil,Google Menghentikan 7 Layanan — Google menghentikan tujuh layanan pendukung dan proyek sampingannya. Alasan penghentiannya karena fitur-fitur tersebut sudah tidak efektif.

Seperti ditulis dalam blog resmi Google, ada beberapa layanan yang dihentikan total, digabung dengan layanan lain dan ada yang masih diperbaiki. 

Urs Holzle, Senior Vice President of Operations Google, menyatakan, penghentian beberapa layanan tersebut disebabkan tidak sesuai harapan semula. "Layanan tersebut tidak terintegrasi dengan fitur lain sehingga layanan tidak bisa berkembang luas," kata Holzle. 

Selain itu, penghentian layanan ini juga karena meningkatnya persaingan dalam jasa layananmobile dan sosial, seperti dari Apple Inc dan Facebook. Sejumlah pemegang saham pun khawatir dengan meningkatnya anggaran belanja perusahaan nomor satu mesin pencari tersebut.

Inilah tujuh layanan Google yang dihentikan : 



Google Bookmark List. Fitur ini memungkinkan pengguna mendapatkan hasil pencarian lebih personal karena bisa menandai dan menyimpan hasil pencarian yang dianggap penting. Layanan yang diluncurkan Maret lalu akan dihentikan pada 19 Desember 2011. Beruntung, Google hanya menghentikan fitur ini yang memakai bahasa Inggris, di luar itu masih bisa dipakai.


Google Friend Connect. Merupakan layanan online yang memungkinkan pengguna menambahkan konten dan aplikasi jejaring sosial ke situs mereka. Dengan menambahkan aplikasi ini ke situs, pemilik situs bisa memfasilitasi pengunjung login ke akun, baik yang menggunakan Google, Yahoo!, AIM, atau OpenID. Layanan ini akan dihentikan 1 Maret 2012 dan akan digabung dengan fitur-fitur dari Google+.


Google Gears. Fitur untuk menghadirkan aplikasi online secara offline ini dirilis pertama kali pada Mei 2007. Fitur ini akan dihentikan 1 Desember 2011. Sebagai gantinya, Google akan fokus mengembangkan kemampuan serupa di HTML5. Contohnya, Gmail dan Calendar yang sudah bisa diakses offline lewat browser Chrome.


Google Search Timeline. Fitur pencarian yang memungkinkan pengguna melihat timelinesebuah kata kunci pencarian tertentu. Pengguna yang masih ingin kemampuan semacam ini disebut bisa melihat google.com/trends atau google.com/insights/search/.


Google Wave. Fitur sosial yang berfungsi bagai gabungan e-mailinstant message, dan lainnya ini sudah dihentikan pengembangannya sejak 2010. Pada 31 Januari 2012, pengguna sudah tak bisa lagi membuat Wave baru dan mulai 30 April 2012 akan dihentikan sepenuhnya. Sebagai gantinya, ada aplikasi open source Apache Wave dan Walkaround.


Knol. Layanan ensiklopedia online yang seharusnya bakal menyaingi Wikipedia ini telah diluncurkan sejak 2007. Sebagai gantinya, Google akan bekerja sama dengan Solvitor dan Crowd Favorite untuk membuat Annotum, yang berbasis Wordpress. Knol ini masih bisa diakses hingga 30 April 2012. Mulai 1 Mei hingga 1 Oktober 2012 tidak akan bisa dibaca, tetapi masih mungkin untuk mengunduh. Setelah itu, layanan akan dihentikan penuh.



Renewable Energy Cheaper than Coal (RE<C). Proyek energi terbarukan yang lebih murah dari batubara ini, Google mengatakan, pengembangan energi terbarukan ini sebaiknya dilakukan oleh institusi lain yang lebih mumpuni.


Source

20 komentar:

  1. Untuk layanan Google Friend Connect, sangat disayangkan. :|

    BalasHapus
  2. google sih boleh menghentikan 7 service tersebut.
    tpi jangan sampai blogger. bisa mati kutu w. #LEBAY

    BalasHapus
  3. Setuju sama Pak Baron. Tambah lagi, jangan sampai Gmail sama Picasa juga. D:

    BalasHapus
  4. Sungguh disayangkan sekali buat google wave
    main juga lapak ane ya

    BalasHapus
  5. Sangat disayaangkan sekali

    BalasHapus
  6. @Pak BaronWkwkwkwkwkwk jangan sampai segitunya :D

    BalasHapus
  7. ha?!! tapi aku yakin, jika GFC ditutup, bakal diganti dengan yang lebih bagus, G+ sebagai kandidat pengganti akan lebih dari GFC. Wow penasaran

    BalasHapus
  8. wah semoga google semakin maju ya, oh iya kebetulan saya punya artikel bertopik hampir sama ttg friendconnect yg akan ditutup ehehehe ;)

    BalasHapus
  9. sangat disayangkan google sangat banyak menutup fitur2 nya,, termasuk GFC.. semoga kedepannya bisa lebih bagus lagi,, :)

    BalasHapus
  10. @Rama88Kalau diganti tidak apa2 menurut saya...!!!

    BalasHapus
  11. iia asal gag blogger nya ajja di tutup... mo kmn saiia?!??!

    BalasHapus