Rabu, 19 Oktober 2011

Beranda » » Komodo Tak Dimasukkan Di Asean Fair

Komodo Tak Dimasukkan Di Asean Fair

Komodo Tak Dimasukkan Di Asean Fair - Pemerintah sedang serius menggarap agar Pulau Komodo menjadi satu dari tujuh keajaiban dunia. Dalam kerangka itu, seluruh upaya dikerahkan agar pulau yang berada di Nusa Tenggara Timur itu bisa masuk tujuh besar. Namun, dalam “ASEAN Fair” yang akan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin 24 Oktober 2011, keberadaan binatang purba, komodo, luput dari perhatian “ASEAN Fair”.

Dalam ajang yang akan diikuti seluruh negara-negara ASEAN itu, akan dipamerkan sepuluh mobil hias yang menggambarkan simbol masing-masing negara peserta. Penggagas mobil hias dalam ajang ASEAN Fair Nyoman Ratayasa mengatakan, kesepuluh mobil hias tersebut dikerjakan sesuai lambang atau ikon dari masing-masing Negara. “Kami memilih candi Borobudur dan Prambanan untuk dijadikan lambang mobil hias asal Indonesia,” ujarnya, di Nusa Dua, Bali, Minggu 23 Oktober 2011.

Sayang, Komodo sama sekali tidak menjadi perhatian di ASEAN Fair, padahal saat ini Indonesia sedang berjuang agar Komodo masuk menjadi nominasi New 7 Wonder.
Menjawab pertanyaan itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengatakan, Komodo memang tidak dimasukkan dalam ikon Indonesia di ajang ASEAN Fair. “Saat ini komodo sudah menjadi maskot Sea Games, sehingga tak perlu lagi memasukan di ajang ASEAN Fair,” ujarnya.

Bahkan Mari meyakinkan jika gerakan untuk mendukung Komodo menjadi New 7 Wonder saat terus dilakukan. Bahkan, Kementerian Pariwisata yang lama pernah menggelar acara serupa khusus untuk Komodo di Jerman baru-baru ini.

Menurut mantan Menteri Perdagangan ini, pemilihan Borobudur dan Prambanan sebagai ikon Indonesia dalam ajang Asean Fair kali ini sangat beralasan. “Kedua candi ini merupakan symbol pluralism yang ada di Indonesia dimana Prambanan dengan cirikas agama Hindu-nya dan Borobudur dengan ciri khas agama Buddha tetap dipertahankan di Indonesia yang mayoritas Islam,” ujarnya.
Dalam sejarah, kedua candi ini justru dipertahankan di tengah maraknya penyebaran agama Islam di Indonesia saat itu.


Ketik KOMODO to 9818
akan menjadikan komodo masuk 7 keajaiban dunia


Source

4 komentar:

  1. Sayang sekali memang,coba seandainya dimasukkin mungkin dukungan lebih banyak lagi...
    #Kagum

    BalasHapus
  2. bagi saya itu udah keputusan tepat supaya popularitas keunikan Indonesia tidak berat sebelah, jadi tidak hanya komodo aja yg diandalkan, ehehee

    Indonesia pasti bisa ;)

    BalasHapus